Kamis, 10 Oktober 2013

Burung Ocehan Kolibri dan Jenis-Jenisnya

Burung kolibri merupakan burung ocehan yang memiliki paduan suara yang bervariatif seperti burung ocehan lainnya. Burung kolibri sangat menyukai nektar sebagai makanan kesukaannya dan burung ini hidup berkelompok dalam mencari makanan. Bahwa ukuran tubuh burung kolibri hanya sepanjang 6,5 cm saja dan itu menjadikan burung kolibri tergolong burung yang bertubuh kecil sedunia. Melihat warna bulunya maka akan terpukau karena warna bulu di tubuhnya begitu cerah dan mampu memantulkan sinar matahari yang mengenainya.

Kelebihan yang ada pada diri burung kolibri ialah dengan mampu terbang melayang-layang di udara dengan mengepakkan sayapnya mencapai 12-90 kali per detik dan juga itu hanya bisa dilakukan oleh kawanan jenis burung kolibri saja. Ketika meninjau burung kolibri di hutan maka kerjanya tidaklah terbang sepanjang hari untuk terus mencari makan melainkan burung kolibri memilih lebih banyak diam dan bertengger di ranting pohon setelah puas menyerap nektar dari bunga. Burung kolibri memiliki alunan suara yang merdu mirip seperti kicauan burung pleci dan ketika burung kolibri yang dirawat sudah bisa berbunyi maka bisa digunakan untuk memancing burung yang lain mau berkicau juga.

Burung kolibri tidaklah hanya satu jenis saja tetapi banyak jenisnya dan tersebar di sepanjang benua amerika dan juga benua asia. Dan artikel ini memaparkan beberapa jenis dari burung kolibri yang telah familiar dikenal maupun belum. Dan jenis-jenisnya ialah:

  1. Burung Kolibri Sepah Raja

    Burung ini biasanya terlihat sendirian ataupun berpasangan terbang mengunjungi pohon dadap dan pohon yang berbunga lainnya yang tumbuh di hutan ataupun di perkebunan. Ciri-ciri burung kolibri sepah raja ialah terdapat warna kuning dari bawah paruh sampai setengah dadanya dan warna putih dari pertengahan dadanya sampai kepada kemaluannya dan ukuran tubuh yang hanya 6,5 cm. Biasanya makanannya ialah nektar bunga dan juga beberapa serangga kecil.

  2. Burung Kolibri Tasik

    Ciri-cirinya ialah paruh yang panjang dan warna bulunya terdapat warna merah di bagian dada, warna hitam di bagian pundaknya. Biasanya burung kolibri tasik memakan nektar bunga, biji-bijian kecil, serangga dan juga laba-laba. Burung Kolibri Tasik sering bertengger di daerah pinggiran hutan dan juga di kebun karet. Hidupnya terkadang sendirian dan juga sering tampak juga berpasangan ketika mencari makan.

  3. Kolibri Kelapa

    Umumnya burung kolibri kelapa suka tinggal menetap pada pohon kelapa dan di hutan bakau. Burung ini memiliki sifat beringas atau agresif dengan mengusir burung madu yang lain yang menempati tempat yang disukainya. Ciri-cirinya memiliki ukuran panjang tubuh yang kecil dengan warna bulu yang dominan ialah warna kuning di bagian dadanya dan paruh yang panjang berfungsi untuk menyedot nektar dari bunga. Biasanya burung kolibri kelapa makanannya variatif yang banyak yakni nektar dari kuntum bunga, buah pisang yang sudah matang, serangga-serangga kecil, ulat, laba-laba, dan buah-buahan yang lembut.

  4. Kolibri Jawa

    Kolibri jawa selalu hidup berpasangan saat mencari makanan di hutan dan ribut apabila terganggu oleh hewan yang lain. Biasanya burung kolibri jawa mencari nektar mendatangi bunga benalu karena bunga benalu memiliki nektar yang disukai oleh burung kolibri jawa. Makanan lainnya yang digemari oleh burung kolibri jawa selain nektar ialah laba-laba, biji, dan juga serangga.

Itulah beberapa jenis dari burung kolibri dan tidak semuanya bisa dimuat dalam tulisan ini tetapi empat jenis burung kolibri tersebut sejatinya telah mewakili dari burung-burung kolibri yang lain. Dan jika anda membaca artikel ini dan tertarik dengan burung kolibri maka tak salah untuk mencoba memelihara burung kolibri dan melatihnya sampai bisa berbunyi.

Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber:
file:///G:/kepnulisan/Pengenalan%20dan%20perawatan%20burung%20kolibri%20terpopular%20di%20Indonesia.htm
http://shafanaura.blogspot.com/2013/05/burung-kolibri.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kolibri
Related Posts : bulu , bunga , burung , ciri-ciri , dada , jawa , jenis , kecil , kelapa , kolibri , laba-laba , makanan , nektar , paruh , pohon , satria dwi saputro , serangga , tasik , tubuh , warna